Latar Belakang Inovasi
Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) merupakan usaha masyarakat
yang menyediakan produk maupun layanan kepada masyarakat. UMKM pada umumnya
menjual produk secara konvensional melalui toko/tempat usaha dipinggir jalan
yang menjadi tempat lalu lalang banyak orang. Saat ini sudah terjadi perubahan
sosial aktivitas masyarakat karena pengaruh dari kemajuan teknologi. Kemudahan
yang diberikan oleh teknologi menyebabkan masyarakat kebanyakan menuntut
pelayanan yang lebih, khususnya kepada UMKM. Model penjualan konvensional
memberikan banyak batasan kepada UMKM, seperti batasan waktu, tempat,
informasi, target pasar, dan sebagainya. Hal ini dianggap gagal dalam memenuhi
kebutuhan masyarakat saat ini. Masyarakat menginginkan kemudahan akses terhadap
layanan/produk UMKM kapan saja dan dimanasaja, tidak terikat oleh waktu dan
tempat. Masyarakat menginginkan dapat mengunjungi UMKM untuk melihat produk
yang ditawarkan kapan saja, dan dimana saja. Tentunya tuntutan seperti ini dari
masyarakat sangat sulit dipenuhi dengan UMKM jika masih menggunakan model
penjualan secara konvensional. Oleh karena itu pemanfaatan teknologi dalam
meningkatkan layanan UMKM adalah hal yang sangat penting. Website merupakan
salah satu teknologi yang memungkinkan UMKM dapat mensosialisasikan produknya
kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengakses informasi tersebut kapan
saja dan dimana saja. Penyajian informasi melalui website adalah hal yang
penting untuk dilakukan, karena akan memberikan pengaruh bagi setiap pengunjung
yang mengkases website tersebut nantinya. Pengunjung dapat merasa nyaman dalam
mengakses website, ataupun sebalikan juga dapat merasa cepat bosan dan tidak
tertarik lagi mengakses website dalam waktu yang lama. Kenyamanan pengunjung
dalam mengakses website dipengaruhi oleh Front End dari website yang dimiliki.
Front End adalah bagian dari website yang memperlihatkan tampilan secara
langsung kepada user. Untuk berinteraksi dengan website user akan berhadapan
dengan front end. Sehingga mendesain front end yang menarik akan mampu
meningkatkan kenyamanan terhadap pengunjung ketika mencari informasi pada
website. Kenyamanan pengunjung dalam mengakses informasi pada website akan
berdampak positif pada UMKM sebagai pemiliki website tersebut
Uraian Tentang Inovasi
website UMKM Bali untuk meningkatkan
kredibilitas UMKM, menghemat uang dalam jangka panjang, pelanggan dapat selalu
diberi informasi, kemudahan akses sebuah website, peningkatan pelayanan
pelanggan, meningkatkan kenyamanan pengunjung dalam mengakses website UMKM yang
pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan pelayanan/penjualan terhadap
produk UMKM Bali
Keunggulan