Koperasi memiliki beberapa unit usaha yang dapat menunjang perkembangan UKM. Salah satu unit usaha koperasi dalam memberikan akses permodalan adalah unit simpan pinjam. Posisi koperasi harus diperkuat dengan penerapan teknologi informasi. Beberapa masalah umum yang menyebabkan koperasi tidak berjalan yaitu kualitas pengelolaan data keuangan yang tidak professional, penyelewengan setoran tabungan oleh kolektor, dan kepercayaan anggota yang berkurang akibat permasalahan permainan keuangan yang tidak transparan. Permasalahan tersebut yang berusaha diselesaikan dengan penerapan teknologi informasi pada produk PanDana. PanDana memiliki misi untuk membantu koperasi simpan pinjam dalam menghasilkan laporan keungan, memantau kolektor, dan meningkatkan kepercayaan anggota melalui transparansi data pada aplikasi mobile.
Uraian
PanDana menawarkan solusi cerdas bagi pengurus koperasi melalui layanan sistem informasi manajemen keuangan berbasis cloud. PanDana dapat diibaratkan sebagai staf keuangan virtual yang siap membantu koperasi dalam membuat laporan keuangan. PanDana juga dilengkapi dengan fasilitas smart collector yang merupakan aplikasi mobile untuk kolektor. Kolektor akan memasukan dana tabungan pada aplikasi yang terhubung langsung dengan server PanDana. Selain kolektor, fasilitas aplikasi mobile juga disediakan untuk anggota, sehingga anggota dapat memeriksa langsung jumlah tabungan yang dicatat oleh kolektor. Selain fasilitas yang menunjang kolektor dan anggota, PanDana juga memeiliki beberapa fasilitas unggulan seperti dashboard kondisi keuangan dan laporan status kesehatan kredit anggota. PanDana dapat mengelompokan status kredit anggota menjadi Lancar, Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan, Macet. Dengan fitur tersebut pengurus koperasi dapat melakukan tindakan preventif agar status kredit macet dapat dihindari.
Keunggulan
|