Attack of the Krona

Ketua Peneliti
I Nyoman Jayanegara, M.Sn
Tahun Penelitian
2024
Tingkat Kesiapterapan Teknologi
4
Telp.
08174785963
Klaster
Mobile Game

Latar Belakang Invensi

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia, diakibatkan oleh virus corona baru (nCov) yang sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Saat ini hal yang paling mungkin dan harus  dilakukan adalah pencegahan penyebaran penyakit ini dengan 3M yakni; rajin mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker kemana saja, dan penyemprotan disinfektan pada beberapa benda-benda sekitar kita yang memungkinkan virus tersebut diam/menempel sehingga medium penyebaran penyakit tersebut, serta tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain. Selain itu, pola hidup sehat dengan memakan makanan bergizi (seperti buah dan sayur) serta rajin berolahraga memungkinkan untuk tetap menjaga imunitas tubuh sehingga terhindar dari segala jenis penyakit (salah satunya COVID-19).

Informasi maupun edukasi mengenai pencegahan penyakit ini masih perlu dilakukan. Sudah banyak media (cetak maupun digital) yang digunakan sebagai media informasi atau edukasi mengenai penyakit ini, namun masih diperlukan cara kreatif untuk tetap memberikan informasi maupun edukasi mengenai penyakit ini sehingga Game dipilih sebagai medianya. Selain itu, game dipilih karena menyenangkan dan tanpa terkesan menggurui. Game ini ditujukan untuk memberikan edukasi mengenai pencegahan penyakit COVID-19 dengan cara yang menarik dan menyenangkan dimana pesan-pesan mengenai pencegahan penyakit akan disampaikan kepada user secara langsung sebagai bagian dari game.

Uraian tentang Invensi

·      Game ini berjenis platformer, yakni game yang mengandalkan sebuah karakter yang akan melompat atau menghindar dari halangan dan memiliki sebuah tujuan akhir.

·      Game ini akan menyasar user dengan usia 8-25 tahun dengan tidak memungkiri usia lebih dari itu dan pengguna smartphone dengan sistem operasi Android. Game ini ditujukan untuk memberikan edukasi mengenai pencegahan penyakit COVID-19 dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Pesan-pesan mengenai pencegahan penyakit akan disampaikan kepada user secara langsung sebagai bagian dari game.

·      Game ini alur permainannya akan berlari, menghindari rintangan, memukul, melempar, atau mengalahkan musuh sampai raja (krona). Game akan terdiri dari beberapa level dimana masing-masing level kembali akan terbagi menjadi beberapa bagian agar memberikan tantangan kepada user. Masker, sabun, hand sanitizer, dan disinfektan akan digunakan sebagai senjata bagi karakter (user) dalam melawan musuh. Pada beberapa bagian game akan terdapat APD sebagai bonus dalam permainan dan dapat digunakan sebagai senjata melawan raja (krona). User juga diwajibkan mengumpulkan koin, buah, atau sayuran sebagai poin yang akan bermanfaat dalam permainan.

 

Keunggulan

·      Game berjenis platformer yang memudahkan bagi user dalam memainkan.

·      Informasi mengenai 3M sudah terkandung dalam game tanpa berkesan menggurui.

·      Spesifikasi produk yang minimal sehingga memudahkan semua khalayak untuk memainkannya.

Swipe Katalog atau gunakan Arrow Key Kiri dan Kanan pada Keyboard